Cara Melancarkan Haid dengan Baik

lancar haid

Perubahan besar yang biasanya terjadi kepada wanita yang memasuki usia pubertas adalah terjadinya menstruasi atau haid. Dimana jika kurangnya pengetahuan mengenai hal ini akan berakibat yang kurang baik bagi kesehatan.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi wanita yang sedang mengalami masa pubertas untuk mengetahui informasi mengenai haid atau menstruasi serta cara melancarkan haid.

Menstruasi merupakan pendarahan periodik normal uterus yang hanya terjadi pada wanita. Menstruasi pada dasarnya merupakan proses katabolisme dan terjadi dibawah pengaruh hormon ovarium dan hipofisis.

Menstruasi yang pertama kali terjadi dialami disebut menarke dan biasanya terjadi pada perempuan yang memasuki masa pubertas di usia 8-13 tahun. adapun berakhirnya menstruasi sendiri terjadi pada usia 40-50 tahun.

Siklus haid normalnya setiap 28 hari, namun interval 24-32 hari masih dianggap sebagai siklus menstruasi normal kecuali jika siklus yang terjadi sangat tidak teratur. Pada awal dan akhir masa reproduksi biasanya siklus akan berjalan tidak teratur serta tidak dapat diperkirakan, sebagai akibat dari kegagalan ovulasi.

Tidak lancarnya menstruasi dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon, faktor sumbatan pada organ, dll. Masalah menstruasi yang tidak lancar merupakan masalah yang paling sering dialami oleh para wanita seperti dibahas pada Indo Optimis khususnya wanita yang tergolong masih remaja dan baru pertama kali mengalami masa haid atau menstruasi.

Cara Melancarkan Menstruasi

Namun Anda tidak usah khawatir, sebab ada beberapa cara melancarkan menstruasi yang dapat dilakukan secara tradisional yaitu dengan menggunakan ramuan-ramuan seperti kunyit, ketumbar, biji pala dan daun srigading. Adapun cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 rimpang kunyit, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok teh biji pala, ½ genggam daun srigading
  • Semua bahan tersebut ditumbuk halus lalu direbus dengan menggunakan 1 liter air hingga mendidih kemudian dilakukan penyaringan
  • Setelah disaring lalu diminum satu gelas sehari.

Selain menggunakan ramuan tersebut, Anda dapat juga melancarkan haid atau menstruasi dengan melakukan beberapa tips untuk melancarkan haid sebagai berikut:

  • Jangan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan rasa lelah.
  • Minumlah jamu atau ramuan alami yang dapat membantu Anda melancarkan secara tradisional dan alami
  • Perbanyaklah minum air putih sebanyak 2 liter dalam sehari atau setara 8 gelas
  • Konsumsilah jenis makanan yang mengandung banyak gizi serta mengandung nutrisi
  • Jangan mengangkat beban yang terlalu berat
  • Lakukan olahraga ringan dan secara teratur seperti jalan sehat, jogging, stretching serta renang
  • Bagi wanita yang mengalami kista, jangan memakan makanan yang pedas serta makanan instan atau junk food sebab akan membuat penyakit kista semakin parah
  • Jangan memakan makanan yang mengandung lemak tinggi, sebab lemak akan membuat proses menstruasi mengalami hambatan.