Cara Menunda Kehamilan

Idealnya bagi setiap pasangan adalah ingin segera memiliki momongan setelah menikah, tetapi masih ada pasangan yang menunda kehamilan atau belum ingin memiliki anak terlebih dahulu. Kenapa menunda kehamilan? walau terdengar sangat klise pasti jawabannya adalah ketidaksiapan baik secara mental, secara finansial, masih ingin melanjutkan pendidikan atau yang paling umum adalah karena Karir atau bahkan karena hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Nah, untuk kali ini anda harus mengetahui terlebih dahulu pengetahuan khusus tentang bagaimana cara menunda kehamilan dengan benar dan sehat, apalagi untuk anda yang belum pernah hamil.

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan anda, yaitu;

  1. Cara menunda kehamilan secara alami seperti menggunakan sistem kalender saat berhubungan
  2. Cara menunda kehamilan dengan memakai alat medis seperti obat dan kondom

Kedua cara diatas adalah cara untuk menunda kehamilan, intinya adalah sama yaitu untuk menggagalkan pertemuan sel telur dan sperma disaat melakukan hubungan suami istri. Diskusikan terlebih dahulu untuk menentukan jenis pencegahan mana yang nanti mau dipakai. Hal ini sangatlah penting agar kalian sebagai pasangan agar sama- sama enjoy dan tidak merasa beban diantara satu dan yang lainnya. Misalnya satu cara cocok untuk si wanita namun tidak cocok untuk si pria atau sebaliknya

Cara menunda kehamilan dengan cara alami

Melakukan Hubungan Seksual Berdasarkan Sistem Kalender

Pencegahan kehamilan dengan sistem kalender termasuk cara yang sangat alami untuk menunda kehamilan. Dasar pelaksanaan cara ini adalah melakukan hubungan seksual ketika seorang wanita sedang dalam masa subur. Masa subur wanita adalah masa yang di hasilkan sel telur yang memungkinkan akan terjadi pembuahan bila bertemu dengan sel sperma. Jika siklus menstruasi anda termasuk dalam kategori normal, umumnya berlangsung selama 28 hari atau sampai 30 hari, maka masa subur wanita jatuh pada hari kesebelas sampai dengan kedelapan belas setelah menstruasi terakhir.

Siklus menstruasi wanita memang seringkali tidak tepat waktu, ada kalanya maju dan ada kalanya mundur dari perkiraan atau jadwal normalnya. Bila anda ingin datang bulan tepat waktu maka untuk aman penghitungan masa subur ditambah ti gari lebih awal dan tiga hari sesudahnya. Jadi waktu masa suburnya diperpanjang dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 21. Agar berhasil dengan menjalankan dengan sistem kalender, pihak suami harus bisa disiplin dan menahan diri ketika ingin mengajak istrinya untuk berhubungan seksual.

Melakukan Hubungan Seks Tanpa Penetrasi

Hubungan seks tanpa penetrasi atau non koital adalah hubungan suami istri tanpa adanya kegiatan masuknya penis pria ke dalam organ intim wanita atau vagina, meski penis tidak masuk ke liang vagina, cara ini masih memungkinkan untuk terjadinya kehamilan bila si pria menggesek- gesek kan penis ke vagina bagian luar. Oleh sebab itu, jika ingin mencegah kehamilan dengan seks tanpa penetrasi sangat dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dari pihak pria agar dapat menahan diri untuk tidak melakukan penetrasi.

Pasti ada pertanyaan seperti ini: mana ada pria yang tahan berhubungan seks tanpa penetrasi? Makanya suami isteri dituntut kreatif menjalani kegiatan seks sehari-harinya. Sebagai gantinya, agar wanita bisa memuaskan pasangannya melalui oral seks.

Melakukan Hubungan Seksual Dengan Cara Ejakulasi di Luar Vagina

Cara ketiga ini adalah agar hubungan seksual tidak mengakibatkan kehamilan adalah dengan cara menarik keluar penis menjelang ejakulasi, cara ini disebut senggama terputus. Pada saat pria merasa akan ejakulasi, dia harus cepat-cepat menarik penis nya dan melakukan ejakulasi di luar vagina. Cara ini membutuhkan kontrol diri yang kuat dari pihak suami.

Berikut ini ada 3 alat kontrasepsi yang paling umum digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan pada wanita.

Kondom

Dalam bahasa sehari-hari, kondom disebut juga dengan sarung karet atau karet pengaman. Kondom terbuat dari bahan karet yang sangat fleksibel dan memiliki ketebalan tertentu agar tidak bisa ditembus oleh sel sperma.

Pil KB

Pemakaian Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang memakai hormon sebagai pengendali produksi sel telur wanita. Pil ini bekerja dengan cara yaitu menghalangi indung telur menghasilkan sel telur setiap bulan.

Suntik KB

Pemakaian Suntik KB adalah metode menunda kehamilan wanita caranya yaitu hormon disuntikkan ke dalam tubuh wanita dalam jumlah tertentu. Cara kerjanya adalah sama dengan pemakaian Pil KB. Hormon yang telah disuntikkan melalui lengan. Suntik KB dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Demikianlah informasi yang sudah saya sampaikan diatas mengenai beberapa cara untuk menunda kehamilan. Tetapi bagi pasangan yang belum menikah tidak disarankan untuk mengikuti cara ini. Terima kasih.